Jumat, 20 Juli 2018

PAK CAMAT YANG SANGAT PEDULI PADA KESEJAHTERAAN RAKYATNYA

Rudi Camat Sukorambi Kabupaten Jember (fotto robbi)
Bharindo Jember: Untuk lebih mensejahterakan masyarakat kecamatan sukorambi khususnya para petani, bapak Rudi selaku camat sukorambi membuat suatu usaha yaitu minyak nilam yang terbuat dari tanaman nilam. Nilam ini merupakan salah satu tanaman perdu yg mudah untuk di budidayakan dan juga biaya perawatan tanaman nilan ini cukup murah. Minyak nilam ini adalah salah satu bahan dasar pembuatan minyak wangi.

Usaha ini di buat untuk lebih mensejahterakan masyarakat sukorambi yang notabene mata pencaharian masyarakat sukorambi adalah sebagai petani. Tanaman nilam ini sudah cukup lama di budidayakan oleh warga sukorambi tetapi hasilnya belum bisa memuaskan dan warga masih trauma dg budidaya tanaman nilam ini karena ketika panen tiba hasil panen tidak bisa di distribusikan dg baik.Maka dari itu bapak Rudi menyediakan mesin destilasi untuk menproses tanaman nilam yang ada di sukorambi supaya petani nilam tidak kesulitan menjual hasil panennya.Selain itu bapak Rudi  juga mengadakan pendekatan dengan para petani nilam dan mengajaknya untuk bermitra.

Untuk pemasaran minyak nilam ini akan di ekspor ke eropa dengan harga yang cukup tinggi. Dan untuk pangsa pasar minyak nilam ini masih terbuka luas.Bapak Rudi berharap usaha minyak nilam ini bisa semakin berkembang dan maju sehingga semakin banyak petani nilam yg mau bermitra. Begitu juga dengan kwalitas dan kuantitasnya semakin meningkat, dan minyak nilam produk sukorambi bisa berstandar internasional. Minyak nilam produk kecamatan sukorambi ini dari penanaman,perawatannya  alami tanpa bahan kimia juga proses produksi terjamin kebersihannya bebas dari sampah plastik dan asap rokok.

(fotto robbi)
Untuk saat ini lahan yang tersedia di kecamatan sukorambi  untuk budidaya tanaman nilam baru tersedia sekitar 5 hektar dari 10 hektar yang di targetkan. Untuk menambah kekurangan lahan untuk budidaya tanaman nilam maka bapak Rudi mengambil lahan dari luar kecamatan sukorambi tetapi masih berada di kawasan kabupaten  jember.

Sedangkan untuk hasil yang di dapat dari 1 ton nilam basah bisa menghasilkan 6 kg minyak nilam.Sebelum di pasarkan minyak nilam ini akan di uji coba di laboratorium yaitu untuk menguji kandungan PA  (PATCHUOLI ALKOHOL)

Harapan kedepannya bapak camat sukorambi dengan adanya usaha alternatif minyak nilam ini bisa lebih mensejahterakan ekonomi para petani di kecamatan sukorambi dan sekitarnya secara signifikan. (m robbi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar