Jumat, 06 Juli 2018

WARGA BINAAN TERNYATA TIDAK SELAMANYA MENYERAMKAN

Ka LAPAS Banyuwangi Akbar Herry A, Bc, IP, SH, MH (tengah, fotto bandik)

  
   
Bharindo Banyuwangi ; Lapas memang identik dengan tindak kriminalitas, mulai dari yang tindak pidana ringan sampai pada tindak pidana paling berat semuanya ada di Lembaga Pemasyarakatan.  .Berbagai karakter manusia yang ada di sebuah lembaga pemasyarakatan bisa digolongkan adalah bertampang kasar dan seram, namun itu semua bisa terbantahkan karena dibalik wajah - wajah para pelanggar hukum itu terdapat individu-individu yang mempunyai kemampuan atau keahlian dibidang masing-masing untuk bisa dikembangkan agar mendapatkan nilai ekonomis. Hal ini dapat kita lihat secara kasat mata dan awak media Bharindo sudah membuktikan hal itu ketika berkunjung dan masuk kelapas Banyuwangi yang menyimpan banyak potensi untuk dikembangkan buat mereka sendiri ketika kelak menghirup udara bebas.

Kehidupan penghuni Lembaga pemasyarakatan Banyuwangi telah banyak berubah, hal ini disebabkan oleh pergantian Kepala Lembaga Pemasyarakatan dari yang sebelumnya kepada K. Akbar Herry A. Bc, IP, SH, MH yang terhitung sejak beliau dilantik pada bulan Oktober tahun 2017. "saya melihat ketika baru menjabat sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan ini memang banyak potensi dari para penghuni atau warga binaan yang bisa dikembangkan untuk menjadi bekal mereka ketika bebas nanti dan ini juga tak lepas dari perhatian Pemerintah Daerah Banyuwangi" kata Akbar sapaan akrab beliau ketika berbincang dengan awak media Bharindo.

Akbar juga mengatakan bahwa "potensi kreatifitas yang ada di dalam atau di tekuni nanti oleh warga binaan itu berupa seni lukis, pentas seni, hadra, seni miniatur yang memanfaatkan kayu bekas, kardus dan koran bekas". Suasana didalam pun dirombak total untuk dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mencerminkan kesan kriminalitas sebab para warga binaan yang diberi kepercayaan untuk menerima tamu disiapkan oleh lembaga pemasyarakatan yang sudah berkelakuan baik.

Selain itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan Banyuwangi menerangkan bahwa apa yang telah di perbuat bagi warga binaan ini semata mata untuk menujukan kepada masyarakat umum  bahwa program yang diterapkan kepada warga binaan telah berjalan sesuai apa yang diharapkan oleh semua. Walau sebenarnya mereka para warga binaan hidup didalam tembok lembaga pemasyarakatan namun anak-anak muda yang tersesat ini masih mau untuk berubah langkah hidup kearaha yang lebih baik dari sebelumnya sehingga mereka warga binaan bisa menciptakan suatu karya atau produksi yang mampu menjwab tantangan kehidupan.  
salah satu kegiatan positif yang ada dalam Lapas Banyuwangi
Akbar menambahkan bahwa warga binaan yang keluar lapas ini sudah memenuhi persaratan administratif dan subtantif yang di tentukan sesuai peraturan perundang- undangan

Kami berharap, kegiatan ini akan semakin meningkatkan rasa percaya diri warga binaan sehingga pada saatnya nanti mereka bebas,para napi ini sudah siap menghadapi dunia di luar LAPAS dan kembali ke lingkungan masyarakat yang sebenarnya untuk melanjutkan karya-karya positif dan mengembangkan potensi serta skil napi di masa yang akan datang,pungkas Akbar.
(bandik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar